Friday, February 6, 2015

Ketoprak Mang Ucup - Jl. Raya Nginden 106C


Awalnya kita tidak ada kesengajaan untuk mampir ke kedai makan yg satu ini. Karena berada di kawasan Barata Jaya, dan waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 9 malam. Akhirnya kita putuskan cepat untuk mampir kemana. Kebetulan saat itu kita dari Barata Jaya hendak menuju Jl. Raya Nginden. Bosan dengan hidangan Pem Pek dan ingin mencoba menu nusantara yg lain, akhirnya kita berhenti di Warung Ketoprak Mang Ucup.


Ketoprak - IDR 15.000,-
Sebenernya para kru kedai ini sudah hendak menutup toko, tapi melihat kita datang, akhirnya aktifitas tutup tokopun ditunda. Memesan menu andalan Ketoprak, dan satu lagi Mie Kluntung persembahan dari Pak Mitro. Karena kami belum pernah sama sekali tau apa itu yg namanya mie kluntung, jadi ini yg pertama kalinya.

Selain menjajakan menu dari warung sendiri, tempat ini juga menyediakan panganan dari tempat lain. Selain Mie Kluntung Pak Mitro, ada juga Bebek Songkem, mirip pujasera gitu deh. Jadi ketika sedang gak minat menu dengan saus kacang, bisa memilih hidangan yg lain.

Untuk ketopraknya sendiri, ketika datang kita cukup dikagetkan dengan porsi yg terlihat cukup besar. Siraman saus kacang yg berlimpah, menambah selera makan. Secara samar-samar bumbu kacangnya mirip dengan saus kacang Gado-gado, hanya saja, yg ini sedikit lebih kasar sehingga tekstur kacangnya sendiri masih terasa. Terdiri dari mihun, lontong, tauge, tahu kukus, potongan timun, membuat menu ini menjadi menu yg sehat. Rasanya secara keseluruhan, enak dan rekomended deh kalo pengen mencoba menu ketoprak.

Mie Kluntung by Pak Mitro - IDR 20.000,-

Berikutnya datang adalah mie kluntung. Dalam penyajiannya mie kluntung ini dapat disajikan dalam bentuk mie goreng, "nyemek" (berkuah sedikit), atau berkuah. Saat itu kita pesan yg "nyemek" saja. Secara sekilas mirip dengan mie goreng jawa. Tapi mienya disini lebih besar, mirip mie udon kalo di Jepang. Kuahnya enak, spicy, dan samar-samar seperti ada ebinya gitu. Entah lah, tapi paduan kuahnya beneran enak. Menu yg satu ini dibandrol dengan harga 20K, hmm lumayan ya sebuah makanan mie, tapi tak apalah untuk memuaskan rasa penasaran tentang wujud dari mie kluntung, berikutnya akan kita lakukan jelajah menu mie kluntung lainnya, hehe.

Daftar Menu

Untuk suasananya sendiri, menurut kami sudah cukup nyaman ya, walaupun bisa dibilang tidak terlalu besar, tapi penataan meja kursinya sedikit lapang, jadi kesan bersesakkan tidak tampak, kitapun bisa berwisata kuliner dengan nyaman. Selain di Jl. Raya Nginden, Ketoprak Mang Ucup juga membuka cabangnya di Ondomohen, cuma sekarang sepertinya pindah di ruko yg lebih kecil, tempat yg dulu sudah dipakai untuk pujasera lain. Sedangkan pusatnya di Surabaya ada di wilayah Ketabang Kali, disini tatanan interiornya dibuat semirip mungkin dengan nuansa rumah Betawi, sepertinya lain waktu harus nyoba makan ditempat ini.

Mau makan hidangan sehat, murah, dan ada menu-menu yg lainnya, monggo dicoba mampir ke Ketoprak Mang Ucup. :D



No comments:

Post a Comment