Tuesday, February 24, 2015

Terang Bulan Bangka - Ruko Surya Inti Permata Jemur Andayani


Siapa yg tidak kenal dengan jajanan yg bernama Terang Bulan ini, atau punya sebutan lain sebagai Martabak Manis. Makanan berbahan dasar adonan tepung yg dimasak diatas loyang bundar besar ini tak pernah sepi penggemar. Termasuk saya. Sedangkan istri lebih menyukai martabak telornya. Saya martabak telor juga suka sih, jadi saya ini pemakan segalanya, hehehe.

Terang bulan bangka, Jemur Andayani - IDR 37.000,-
Dari beberapa varian terang bulan, jenis terang bulan bangka-lah yg cukup banyak dijumpai di wilayah Surabaya. Salah satunya terang bulan bangka yg saya beli ini. Berada di lokasi pelataran depan Ruko Surya Inti Permata Jemur Andayani, saat mulai sore jam 6, akan kita jumpai sebuah mobil pick-up yg sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi dapur tempat masak terang bulan ini. Yang jual-pun sedikit unik, seorang ai-ai(tante-tante),dimana utk perempuan seusianya mungkin masih berada dirumah sambil nonton sinetron india.

Saat ngobrol-ngobrol dengan beliau, katanya beliau sudah jualan terang bulan ini dari jaman masih gadis sampai sekarang. Dimulai berjualan di sekitar Sinar hingga pindah ke lokasi saat ini. Salute tenan.

FYI, beliau ini emang asli bangka loh.


Di tempat ini, menjual begitu banyak varian rasa terang bulan, sampai bingung milihnya. Dengan banderol harga dari 26K - 60K membuat kita bisa memilih paduan rasa yg kita suka. Bahkan ditempat ini juga menjual topping Nutella dan Toblerone, mengikuti trend yg lagi hits di pasaran. Untuk olesan khusus ini, harga dibanderol dari 65K - 100K.

Saya sendiri milih yg normal aja, cukup keju dan coklat, hehehe
Proses masaknya pun tak terlalu lama, dan asyiknya, pas waktunya naburin meses-nya, saya sempet ditawari "apakah segini cukup atau ditambah lagi?", jarang-jarang pembeli pakai ditawarin gini, ya saya jawab "Tambah dikit :D".

Soal rasa, hmm. Ini terang bulan memang enak banget. Lembut dan pas banget manisnya. Asli, rasanya gak cukup kalo cuman seloyang aja. Taburan keju dan meses begitu kaya, gak pelit. Sepadan lah dengan harga yg dibayar.

Bagi para pecinta terang bulan, rasanya sayang kalo gak pernah incip terang bulan bangka yg satu ini.



No comments:

Post a Comment