Thursday, January 29, 2015

Nasi Krawu Buk Tiban - Jl. Veteran 118

Indonesia memang terkenal akan kekayaan kulinernya. Tiap-tiap kota memiliki masakan khas yg tidak dapat di jumpai ditempat lain(kecuali kalo memang sudah buka cabang, hehe). Dikota tetangga Surabaya, Gresik, terdapat menu khas yaitu Nasi Krawu.

Pada awalnya kita memang belum ada tujuan plesir ke kota Gresik, namun karena ada teman yg baru saja melahirkan, kita pun berkunjung ke kota Gresik. Setelah selesai acara silaturahmi dengan teman tersebut. Kamipun ingin sedikit berwisata kuliner di kota Gresik ini, mumpung pas lagi disini. Karena memang Gresik terkenal dengan Nasi Krawu, selain Pudak, kamipun putuskan utk berkunjung di salah Warung Nasi Krawu yg sudah memiliki banyak penggemar. Nasi Krawu Buk Tiban, yg berlokasi di Jl. Veteran 118. Panggilan Buk sendiri identik dengan sebutan "ibu" dalam bahasa Madura, dan berdasarkan info yg kami dapatkan, sebagian besar penjual nasi krawu ini memang berasal dari keturunan Madura. Hampir sama dengan fenomena Warung Buk di Malang. Hanya saja utk Nasi Krawu sendiri, katanya sudah ada sejak zaman Nyai Ageng Pinatih, tokoh syahbandar Gresik yang juga menjadi ibu angkat Sunan Giri. Konon kabarnya, dahulu menu ini menjadi menu andalan utk orang-orang yg bekerja di pelabuhan, terutama kuli bongkar-muat. Dan kata krawu sendiri berasal dari "krawuk", atau untuk memakannya menggunakan tangan dengan cara seperti mengeruk. 

OK, pelajaran sejarahnya sampai situ dulu. 

Nasi Krawu Buk Tiban - IDR 15.000,-
Nasi Krawu ini terdiri dari nasi putih pulen, ditambah dengan daging berbumbu yg disuwir-suwir, serta ada tambahan serundeng. Serundengnya sendiri terdiri dari dua macam, ada yg merah (pedas), dan warna orange (manis). Tak lupa ada sambal pedas yg ditambahkan. Semua item tersebut disajikan diatas daun pisang.

Selain komponen diatas, kita bisa menambahkan jerohan atau telor asin.

Secara keseluruhan, menu Nasi Krawu ini enak dan cocok dengan lidah kami. Hanya pada bagian dagingnya terasa sedikit terlalu berminyak, tapi tak berlebihan jadi masih enak buat dimakan bersama paduan nasi dan serundeng.

Seporsi Nasi Krawu ini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 15.000,-. Harga ini berupa perkiraan, dikarenakan di dalam depot tidak tersaji daftar harga yg jelas.

Selain di Gresik, Nasi Krawu Buk Tiban sendiri sudah buka cabang di Surabaya, tepatnya di Jl. Praban sisi menuju BG Junction. Jadi jika memang ingin mencoba menu Nasi Krawu ala Buk Tiban tak perlu jauh-jauh, cukup datangi saja cabang yg ada di Surabaya.

No comments:

Post a Comment