Saturday, January 3, 2015

Taberu Ramen - Ngagel Jaya Selatan


Makanan khas Jepang memang selalu mendapatkan tempat dihati pecinta kuliner Surabaya. Dan pelaku bisnispun tak membuang kesempatan itu begitu saja. Begitu banyak tempat kuliner masakan Jepang yg sudah eksis sebelumnya maupun yg baru saja dibuka.
Dari yg kelas mewah sampai menengah kebawah. Hanya saja, tak semua kedai masakan Jepang ini ramah dengan kalangan muslim, terutama kedai yg tingkat rasanya sangat orisinil, bahkan ada yg chefnya didatangkan langsung dari negeri sakura itu. Hal ini memang dikarenakan bahan pembuat makanan jepang ini terkadang menggunakan mirin(semacam arak beras Jepang), dan babi sebagai bahan dasar kuah (ramen) atau toping (okonomiyaki). Memang tidak semua kuah untuk ramen berbahan dasar kuah babi, ada juga yg diambil dari sari pati ayam. Jadi, jika Anda muslim dan hendak makan di kedai makanan Jepang yg mengambil kiblat kulinernya langsung dari Jepang, harap perhatikan dengan teliti keterangan bahan dan kuah di setiap menu masakan yg disajikan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsKuSPJcqrom95grjSsizfyhqlR4sxn21IQ-tmb3cWojIcdumfmrh0q47Rrdw5DgKnx_ADUYCtrvItXrK6FoxStU82OW5zxcETREVwGFb7wlu9eboCoVWsAsqZx8R86BU2ESV11ThDFeh2/s1600/PicsArt_1419155646133.jpg

Tapi untuk wisata kuliner kali ini, kita tidak perlu khawatir. Dikarenakan kita incip masakan mie ramen di kedai Taberu Ramen, di Ngagel Jaya Selatan 30A, yg memberikan sajian ramen dengan kuah berbahan dasar ayam. Sehingga kita tidak perlu bingung dalam memilih menunya.

Kedai ini boleh dibilang cukup baru. Dan keberadaannya selalu mencuri perhatian para pengendara kendaraan bermotor yg melintas di jalan Ngagel, terutama ketika malam hari, karena di pelataran kedai ini dipasang lampion merah, yg semakin mengentalkan nuansa Jepang di kedai ini. Dan efek lampion ini pula yg membuat kita mampir ke Taberu Ramen ini.

Di Taberu Ramen sendiri, tersedia dua menu ramen, dimana yg membedakan adalah kuah ramennya. Menu pertama adalah Shoyu Ramen. Kuah dari Shoyu Ramen, merupakan kaldu ayam yg kemudian dicampur dengan Soy Sauce, yg terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Rasa kuahnya cenderung manis dan kuat. Secara rasa keseluruhan, mie ramen ini cukup enak, dan cocok dengan lidah kita orang Indonesia, apalagi dengan harganya yg cuman Rp 16.000,- saja, cukup murah bukan?!


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsKuSPJcqrom95grjSsizfyhqlR4sxn21IQ-tmb3cWojIcdumfmrh0q47Rrdw5DgKnx_ADUYCtrvItXrK6FoxStU82OW5zxcETREVwGFb7wlu9eboCoVWsAsqZx8R86BU2ESV11ThDFeh2/s1600/PicsArt_1419155646133.jpg
Untuk menu yg kedua, kita memesan Miso Ramen. Jika Shoyu Ramen menggunakan Soy Sauce, maka untuk Miso Ramen, menggunakan Miso Sauce. Miso sendiri adalah bumbu Jepang yg terbuat dari fermentasi kacang kedelai dengan jamur kōjikin, terkadang dengan campuran beras, barley dan bahan lainnya. Untuk kuah Misonya sendiri cenderung gurih dan soft. Selain dengan kuah ayam, kuah ramen halal lainnya biasa dibuat dari dashi, atau cakalang yg direbus, dan ditiriskan. Untuk harga Miso Ramen, di banderol dengan harga yg sama dengan Shoyu Ramen, yaitu Rp 16.000.

Ramen di tempat ini juga bisa kita tambahkan level pedas, hanya dengan menambahkan Rp 4000 saja, kita bisa atur tingkat kepedasan mie ramen kita, atau dinikmati dengan rasa aslinya juga tak kalah nikmat.

Taberu Ramen bisa menjadi jujugan baru para petualang kuliner Surabaya, yg ingin mencoba menu mie ramen khas jepang dengan harga murah, serta ramah terhadap orang muslim. Jadi sekarang semakin banyak pilihan tempat makan ala Jepang.



No comments:

Post a Comment