Saturday, October 11, 2014

Nasi Pecel Bu Kus - Jl. Kutai 30

Setelah belanja beberapa kebutuhan si kecil, keluar dari toko sudah tepat jam makan siang. Kebetulan lokasi berada di bilangan Bukit Mas, dan arah pulang menuju Jl. MayJend Sungkono. Setelah berdiskusi sama istri, dan menimbang-nimbang antara jarak dan hasrat ingin makan apa, akhirnya terpilihlah menu Pecel Bu Kus, yg ada di Jl. Kutai 30.

Nasi Pecel IDR 11K
Sebenarnya kunjungan kali ini bukanlah yg pertama, sepertinya yg kedua. Kesan yg tidak hilang sejak kunjungan pertama adalah ukuran peyeknya yg besar. Rasanya puas bisa menikmati pecel, tanpa kehabisan peyeknya. Setelah datang, kami langsung menuju ke lokasi etalase makanan, tepat di bagian kasir. Di situ, kita bisa melihat dan memilih langsung lauk apa yg akan kita jadikan tambahan gizi saat makan menu yg sudah memiliki banyak versi, terutama di Jawa Timur.

Tak lama berselang, pesanan kita pun datang, hmm... saatnya makan.

Menurut istri, yg kebetulan punya garis keturunan orang Madiun juga, Pecel Bu Kus ini sepertinya merupakan pecel khas madiun, mengingat di tempatnya sendiri tidak terbaca oleh kami yg menjadi penanda bahwa hidangan pecelnya khas madiun.

Pecelnya sendiri terdiri dari tauge dan buncis rebus, ditambah tempe dan serundeng, serta tak lupa ada biji lamtoro (petai cina), yg menjadi ciri tersendiri utk pecel khas madiun.
Bumbu kacangnya enak, pas. Ditemani dengan peyek yg besar tadi, makin lahap jadinya makan menu yg satu ini.
Empal (8K), Tahu Bacem (3K), Gimbal Udang (8K), Tempe Bacem (3K)
Sebagai teman makan pecel ini, kita memesan empat varian lauk. Ada tahu dan tempe bacem, gimbal udang dan empal. Semuanya cocok buat jadi pelengkap makan pecel madiun ini. Cuma apa yg kita tangkap sih, tahu dan tempe bacemnya kurang nendang rasanya, tak begitu manis, jadi sedikit diluar ekpektasi ke-bacem-an kami. Tapi bukan berarti racikannya tak enak loh, ini kembali ke selera saya.
Lokasi yg tenang, nyaman utk makan ditempat
Lokasinya sendiri sederet dengan tempat makan lain, yg terlihat sih ada tempat makan rawon yg terkenal itu, hmm jadi target berikutnya. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi tidak kecil juga, terdiri dari enam meja makan dengan empat kursi. Yg terutama adalah kebersihan tempat yg selalu terjaga, serta ada kamar mandi yg bersih pula. Jadi urusan makan-makan jadi lebih tenang. Pengalaman yg menyenangkan utk makan disini. Tapi selain disini, banyak juga kok outlet Pecel Bu Kus ini, antara lain yg pernah kita liat, ada di sekitar Barata Jaya. Jadi makin banyak pilihan dan jarak yg bisa diambil. Salam.

No comments:

Post a Comment