Tuesday, October 14, 2014

Assalam Resto Malay and Indian Cuisine - Papaya Margorejo

Malaysia merupakan negara tetangga terdekat dengan Indonesia, baik secara kultural, sejarah, maupun kuliner. Tak jarang adanya sikap klaim dari negara tetangga tersebut terhadap beberapa kekayaan budaya maupun kuliner dari Indonesia. Oke, saya tidak mau membahas tentang hal ini, karena yg kita bahas disini memang kuliner khas dari Malaysia yg kita tak perlu bingung atas klaim siapa. :D 

Sama dengan Indonesia, di Malaysia terdapat banyak rumpun bangsa. Dari melayu, china, maupun india. Sedikit banyak faktor ini lah yg mempengaruhi keragaman kuliner di Malaysia. 

Di Surabaya, terdapat beberapa gerai restoran yg menawarkan menu khas Malaysia, kebanyakan dari mereka berada di mall-mall. Namun kali ini kita berkunjung ke salah satu gerai masakan khas Malaysia yg berada di luar mall, tepatnya di tepat di kompleks Papaya Margorejo, "Assalam Resto Malay and Indian Cuisine". Ya, sesuai nama tempatnya, tempat ini memang menyajikan masakan khas Malaysia India, melalui resto ini kita bisa menikmati lezatnya masakan otentik dari kedua negara tersebut. 

Nasi Biryani Kambing dan Mee Mamak
Untuk memenuhi rasa penasaran akan nasi khas India, kami memilih menu Nasi Biryani Kambing (sekitar 35K-40K). Nasinya yg memang asli dari India sana, memang unik untuk di incip oleh kita yg terbiasa dengan nasi pulen Indonesia. Nasi biryani punya tampilan fisik yg kecil memanjang, dan tidak lengket satu sama lain, tapi pada piring saji diatas bisa kita lihat ada aneka warna nasi biryani yg bisa kita tangkap. Nasinya enak, kering, tapi tidak keras, sensasi yg beda. :D.. Sedangkan pilihan lauknya adalah daging kambing, sebetulnya di menu resto ini, nasi biryani disediakan dalam dua pilihan daging, daging ayam dan kambing, untuk daging ayam harganya dipatok lebih murah. Kembali ke piring. Menu ini disajikan dengan bumbu kari yg, hmm, nikmat sekali, rasa khas garam masala-nya benar-benar nendang. Memberikan cita rasa otentik masakan India. Untuk daging kambingnya sendiri, sebenarnya cukup nikmat rasanya, hanya saja dagingnya masih terasa susah lepas dari tulangnya, jadi mesti butuh effort lebih untuk menghabiskan seluruh daging yg ada, overall menu ini enak banget, khas indianya itu loh, mantap. 

Sedangkan untuk menu kedua adalah Mee Mamak. Fried Noodle with Malaysian Indian Style. Rasanya tak kalah dengan nasi biryaninya, enak banget. Buat kami yg memang belum pernah merasakan masakan ini, sudah bikin kita ketagihan. Bumbunya terasa kuat sekali, untuk yg tidak terlalu suka cita rasa yg tajam, mungkin agak tidak menyukai olahan mie ini. Lagi-lagi rasanya beda, kekhasan Indianya terasa sekali. Sampai istri kepengen ngincip lagi menu mie ini, hehe. 

Sedangkan utk pilihan minumannya, kami memilih Es Lemon dan Es ABC. Nah, yg sering nonton Upin Ipin, kayaknya sudah familiar dengan nama menu Es ABC diatas. Minuman ini sebenarnya mirip dengan Es Campur kalo di Indonesia. Yg membuat beda adalah penambahan kacang sangrai sebagai topping. Waktu makan kacangnya, jadi flashback sama minuman asli Indonesia, wedhang rondhe.

Overall, semua menu yg kami pesan memang memberi kesan pada kami. Tidak seperti gerai-gerai Malay Food yg ada di mall-mall, yg malah cita rasa Malay-nya tidak begitu menonjol. Tempat ini bisa menjadi referensi makan hidangan olahan Malay India yg enak di Surabaya.

No comments:

Post a Comment