Friday, August 1, 2014

Pempek Farina - Jl. HR Muhammad


Pempek, jajanan khas Palembang ini memang tak pernah sepi peminatnya. Dari mulai abang-abang penjaja pempek dengan gerobak, kaki lima, hingga depot nyaman yang sedikit lebih berkelas. Di Surabaya sendiri, ada beberapa tempat makan enak untuk Pempek ini. Salah satu yang jadi favorit kami adalah Pempek Farina, sebelumnya bernama Pempek Ny. Farina. 

Pempek Farina, sebenarnya berawal dari sebuah usaha warung kaki lima yang berjualan di Jl. Raya Tidar pada tahun 1996. Hingga pada tahun 1997 mereka mulai merambah masuk ke mall-mall yang ada di Surabaya, hingga saat ini sudah memiliki outlet lebih dari 14 cabang, termasuk yang terbaru di bilangan Jl. HR Muhammad. Dan outlet pusatnya yang terletak di Jl. Raya Nginden 86 Surabaya, dimana merupakan outlet tempat pertama kali kami mencicipi Pempek olahan Ny. Farina ini. Dan setelah itu, kamipun semakin sering datang ke tempat ini karena cita rasanya yang berbeda dari kedai Pempek sejenisnya yang pernah kami coba sebelumnya.

Cita rasa Pempek olahan di kedai ini memang bisa dibilang enak sekali. Pempeknya empuk, garing diluar tapi tidak alot saat dikunyah. Mungkin karena kualitas bahan dan takaran antara daging ikan tenggiri dan tepung sagu/kanji tani serta bumbu-bumbu yang pas, membuat hasil dari racikan ini begitu sempurna. Belum lagi, penggunaan gula aren sebagai bahan cuko yang saya rasa pas untuk menemani kita menikmati aneka pilihan Pempek yang ada. Di tempat ini, ada dua pilihan cuko, cuko manis dan cuko pedas. Saat terakhir mencoba disini, cuko pedasnya sudah terasa cukup nendang, jadi saya sendiri sengaja tidak menambahkan sambal di cuko yang sudah dituang di piring.


Suasana yang nyaman di outlet Pempek Farina - Jl. HR Muhammad

Untuk pilihan Pempek-nya sendiri boleh dibilang cukup lengkap. Dan yang menjadi pilihan favorit kami antara lain: Pempek Lenjer, Pempek Kapal Selam, Pempek Kulit, dan Pempek Adaan. Kadang saya menambahkan pilihan dengan Otak-Otak Goreng yang tidak kalah enak. Yang beda pada kunjungan kali ini adalah saya memilih untuk memesan minuman Es Temulawak, saya pilih karena memang kangen dan sudah lama tidak merasakannya lagi. Ternyata yang dikirim adalah minuman temulawak botolan, dan sepertinya ini memang produk komersial karena saya pernah menemukan minuman botol ini di tempat lain tapi baru kali ini mencobanya (tanpa sengaja). Kecewa, hmm, ya memang sedikit kecewa, karena ekspektasi saya adalah merasakan minuman (yang sebelumnya saya kira) olahan sendiri dari kedai ini. Ya sudahlah, setidaknya saat itu saya bisa merasakan Es Temulawak botolan dengan sensasi "sembriwing" ala minuman soda.

Hmm, okeh, saya rasa tidak perlu banyak yang saya ulas disini, karena memang Pempek disini sudah istimewa dan banyak yang suka. Dari sini pun bisa kita tarik kesimpulan memang Pempek Farina adalah "Rajanya Pempek".

Salam. 
 
Daftar Menu Pempek Farina


Semua ulasan adalah pendapat pribadi semata, jadi selalu ada alasan untuk mencoba, :D.

No comments:

Post a Comment